(Behind) My Pregnancy Story part 1

1/04/2017

Assalamualaikum..
Mulai dari mana ya intronyaa? :D hehehe

Kurang lebih satu setengah tahun setelah menikah tanggal 30 Mei 2015 kandunganku belum ada yang mengisi. Ada beberapa temenku yang tanya, "febby sengaja nunda ya?", "febby program hamil apa ngga?", sampai ada yang tanya "febby udah cek ke dokter apa belum?" kalo ga deket-deket amat rasanya minta disun banget ga sih yang nanya gitu? hahaha

Masih sangat terasa beberapa kali setiap bulannya setelah aku nikah, saat perut mulai agak keram, mood mulai naik turun, nafsu makan ini itu muncul, dan hawa males ngapa2in muncul, biasanya udah deg-degan, ehh seminggu setelahnya pasti kedatangan si tamu bulanan yg datengnya juga Alhamdulillah bisa bikin ga ninggalin kasur seharian atau sakiiittt bgt.
Iya,  rasanya itu sampai bisa bikin aku ga bisa ngelurusin badan karena kok rasanya lebih enak meringkuk sambil meluk guling saking nyerinya. Kalo udah hari pertama pasti minta suamiku nemenin di kasur sambil elus2 punggung belakang dan nempelin botol panas. Pokoknya seharian itu cuma tidur di kasur aja.


Sampai tiba moment dimana aku mulai sadar kok kayanya ya dulu area bawah perut itu sebelum nikah ga pernah sakit malah jd rutin tiap menjelang haid pasti nyeri. Akhirnya H+5 saat menstruasi itu aku niat periksa buat ke dr spesialis kandungan di Hermina Podomoro. Waktu itu sama dr. Riska. Sekarang udah pindah di Kemayoran ya.

Pas periksa itu ditanya siklus haidnya lancar atau tidak, udah brp lama menikah, sampai akhirnya si mbak dokter minta aku untuk USG transvaginal.
Yess, its my first timee dicek langsung dengan kamera ke tempat si sakit hehe. Dan ga pake lama dokternya langsung nemu 2 bulatan di area tuba falopiku, dan dia bilang..

Bu, ini ada 2 kista endometriosis.

...................................................


Aku dan suamiku cuma bertatapan.
Sedihlah pas dokter bilang gitu. Patah hati rasanya.. Setelah sakitku yg masih dlm terapi itu sembuh, ehh ada lagi 1 penyakit baru yg menurut analisis dokternya bisa menghalangi aku dan suamiku punya anak kalau ngga segera diangkat.

..................................................

Makin speechless.



Terus dokternya ngasih saran supaya aku ambil langkah operasi Laparoscopy karena momentnya pas bgt setelah aku belum lama selesai menstruasi. Kata beliau, kista endometriosis ini hormonal, jadi ukurannya bisa membesar saat menjelang kita haid (PMS). Tapiiii beliau ngeliat aku masih ragu, dan bilang kalau ibu belum mau operasi, ibu bisa minum obat ini dulu utk menghilangkan rasa nyeri pas PMS bulan depan. 

Well, aku udah ngerasa banyak banget mengkonsumsi obat2an.. Dan ga mau nambahin lagi daftar obatku T_T Akhirnya aku putuskan buat ga nebus obatnya itu dan milih untuk balik ke gaya hidup sehat aja. Walaupun belum sehat-sehat banget karena ternyata agak berat ya permirsa merubah kebiasaan makan-makanan yang menurut lidah kita itu enakkkk.

Dan step pertama adalah aku mulai memilah milih makanan dan minuman yg aku konsumsi. Karena penyakit itu ya peluang besar datangnya kan masuk dari apa yang kita makan ya..
Aku mulai ngurangin jajan di luar (yg rasanya susah bgttt bgt), ngurangin minum kopi dan teh, kurangin makan daging-dagingan, ngurangin mecin dan sahabat karibnya, lebih sering makan sayur, dan nyoba buat olahraga lg. Alhamdulillah.. Lumayan berkurang deh sakitnya.. Oiya sama lebih banyak minum air putih! It workssss..

Sambil berjalan, aku tetep cari-cari refrensi pengobatan kista tanpa operasi selain dengan nyoba gaya hidup sehat. 
Akhirnya aku dapat rekomendasi dari sepupuku utk nyoba cek ke prof Jacoeb di RSIA Sam Marie. Ternyataa, ini dokter hits di kalangan para ibu-ibu yang lagi berjuang untuk punya keturunan. Alodita juga dulu sempet periksa ke prof Jacoeb ini lho.. (Tapi setelah aku baca blognya ternyata dia kurang cocok ya)

Terus gimana hasil konsultasiku sama prof Jacoeb?
Insha Allah dishare dipostingan selanjutnya yaaa :)


Good Nite 

You Might Also Like

2 comments

  1. Masya Allah Febby... rencana Allah pasti indah yaa, dan pada waktu yang tepat. Sehat sehat ya bumiiil, semoga nanti persalinannya berjalan lancar :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mindaaa.. Subhanallah lama banget aku ga bales ya.. Anaknya uda 6 bulan, dan bahkan Minda udah lagi hamiiil hahahaha 😂 *sungkem
      Ku doakan Minda jg sehat selalu, siap jiwa raga untuk ketemu si janin tersayang yah.. Aamiin :*

      Hapus

INDONESIAN HIJAB BLOGGER

Hijabers Community